Mengajari Anak Untuk Hidup Sederhana

Blogeimie.com - Mengajari Anak Untuk Hidup Sederhana – Mungkin beberapa dari kita setuju jika makna kata ‘sederhana’ itu memiliki sifat subyektif. Setiap orang memiliki pandangan tersendiri terhadap makna kesederhanaan.  Dan, makna sederhana yang akan kita bahas disini adalah  seadanya dan tidak berlebihan. Keluarga yang sederhana bukan berarti keluarga tersebut hidup miskin ataupun serba kekurangan. Keluarga yang sederhana merupakan keluarga yang bisa  memenuhi kebutuhan hidupnya dengan minimal dan tidak berlebihan.
http://www.blogeimie.com/2016/11/mengajari-anak-untuk-hidup-sederhana.html
Google Image: Mengajari Anak Untuk Hidup Sederhana
Gaya hidup yang sederhana, secara psikologis bisa membuat hidup kita terasa lebih nyaman dan juga tentram. Kita tidak perlu berpikir keras untuk memiliki sesuatu, sebaliknya kita akan bersikap sesuai dengan kemampuan ekonomi kita. Dengan kehidupan yang nyaman pastinya akan membuat fisik dan mental kita menjadi lebih sehat. Beribadah pun bisa dilakukan dengan khusuk. Sehingga bisa dikatakan kalau sederhana itu memang indah dan juga nyaman. Itulah kenapa kesederhanaan patut diajarkan sejak dini dan setiap orang tua pastinya memiliki metode tersendiri dalam mengajarkan anaknya tentang kesederhanaan hidup. Tapi, tidak ada salahnya bila sedikit memaparkan cara Mengajari Kesederhanaan Anak Untuk Hidup Sederhana sebagai referensi untuk para orang tua.

Mengajari Anak Untuk Hidup Sederhana


Bila kita adalah orang tua yang mempunyai tipe terbiasa memenuhi segala keinginan anak, maka sudah waktunya kita mengubah kebiasaan tersebut. Mungkin memang kita memiliki tujuan yang baik untuk menyenangkan hati anak kita. Namun, tanpa kita sadari, hal tersebut akan membuat anak menggampangkan hidup. Bila hal tersebut tetap dibiarkan, maka anak kita akan malas bekerja dan juga berusaha. Mereka hanya akan meminta kepada orang tua saja.
http://www.blogeimie.com/2016/11/mengajari-anak-untuk-hidup-sederhana.html
Google Image: Mengajari Anak Untuk Hidup Sederhana
Ingatlah jika memanjakan anak secara berlebihan justru bisa membuat merka tidak mau berpikir, karena  terlalu mudah untuk memperoleh apa yang mereka mau. Jadi biarkan anak melakukan beberapa hal yang ia bisa terlebih dahulu sebelum kita membelikan mereka sesuatu. Dengan begitu, dalam benak anak kita akan tertanam kesadaran jika untuk memperoleh sesuatu diperlukan usaha. Ini adalah salah satu cara Mengajari Anak Untuk Hidup Sederhana. Sebab, dia tidak akan merasa gengsi untuk berupaya terlebih dahulu sebelum bisa mendapatkan sesuatu.

Hal lain yang dapat kita lakukan untuk mengajari anak tentang kesederhanaan adalah jangan pernah menunjukkan sikap jika kita adalah orang tua yang sudah sukses dan memiliki materi yang berlimpah, meskipun kenyataannya memang seperti itu. Tunjukkanlah kepada anak kita bahwa sekarang ini kita sedang bekerja dengan keras untuk memenuhi segala kebutuhan keluarga. Selain itu, jangan pernah  menuruti keinginan anak secara langsung. Jika kamu bisa menundanya silakan ditunda, sampai anak akan memintanya berkali-kali. Hal tersebut juga dapat menyadarkan  anak bahwa tak mudah mendapatkan apa yang kita inginkan, sebab semuanya memerlukan upaya.
http://www.blogeimie.com/2016/11/mengajari-anak-untuk-hidup-sederhana.html
Google Image: Mengajari Anak Untuk Hidup Sederhana
Dengan cara yang seperti itu, anak tak akan hidup dengan gaya hidup yang glamor dan juga hedonis. Mereka akan mengerti bagaiman cara hidup dengan sederhana, karena mereka telah mengetahui jika orang tuanya bekerja keras untuk bisa memenuhi segala kebutuhan mereka. Selain itu ajarakan juga anak untuk bisa menggunakan uang dengan bijaksana dan tidak menghamburkanya. Ajarkan mereka untuk membeli sesuatu karena kebutuhan bukan karena keinginan.

Dengan cara-cara yang sudah dipaparkan diatas, anak anda pasti bisa lebih menghargai hidup dan hidup dengan sederhana.  Itulah sedikit pembahasan tentang cara Mengajari Anak Untuk Hidup Sederhana. Semoga apa informasi diatas bisa menjadikan hidup keluarga kita menjadi lebih baik.

0 Response to " Mengajari Anak Untuk Hidup Sederhana "

Post a Comment

Yang Ngasih Komen Semoga Tambah Cakep !!