Cara Komunikasi Yang Baik Dengan Anak

Blogeimie.com - Cara Komunikasi Yang Baik Dengan Anak - Mempunyai keluarga yang bahagia merupakan dambaan dari setiap insan. Namun pada zaman modern sekarang ini, ikatan keluarga kelihatannya bukanlah hal yang mudah untuk dijalin secara baik. Komunikasi merupakan salah satu hal yang dapat melatarbelakangi erat atau tidaknya sebuah hubungan keluarga.
http://www.blogeimie.com/2016/11/cara-komunikasi-yang-baik-dengan-anak.html
Google Image: Cara Komunikasi Yang Baik Dengan Anak
Anak-anak yang terbiasa dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang bahagia pada umumnya akan terbentuk menjadi makhluk sosial yang memiliki tanggung jawab dan juga lebih percaya diri. Apabila Anda masih sulit untuk melakukannya, berikut ini adalah beberapa Cara Komunikasi Yang Baik Dengan Anak Agar Tercipta Hubungan Yang Baik Dalam Keluarga, seperti juga yang dilansir oleh Boldsky:

Cara Komunikasi Yang Baik Dengan Anak


  1. Dengarkan anak Anda
    Biarkan agar mereka mengetahui bahwa Anda tertarik untuk mengetahui tentang dunia mereka. Tanyakanlah kepada mereka tentang apa yang terjadi di sekolah. Jangan beralih ke televisi, koran maupun telepon saat mereka mulai bicara.
  2. Berbicara dengan mereka
    Berhenti menjalankan jejaring sosial Anda dan mulailah untuk berbicara dengan anak - anak Anda tentang apa kartun, permainan ataupun tentang buku favorit mereka. Tunjukkanlah rasa penasaran Anda tentang apa pun yang mereka ceritakan.
  3. Berikan mereka waktu untuk merespon
    Anak-anak mungkin membutuhkan beberapa waktu untuk memproses dan juga memahami apa yang Anda katakan. Jadi berikanlah mereka waktu untuk bisa merespon perkataan Anda.
  4. Komputer dan internet sudah menjadi bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan sehari-hari kita
    Anak-anak ketika tumbuh dewasa menonton dan meniru apa yang telah dilakukan orang tua mereka, contohnya saja dengan menghabiskan waktu luang untuk bermain internet. Sebagai orang tua yang baik, anda harus membimbing mereka dan memberikan pengetahuan tentang cara menggunakan internet dengan baik. Jangan dilepas dengan begitu saja.
  5. Buatlah komunikasi Anda dengan anak-anak menjadi lebih sederhana dan jelas
    Jangan membuat anak Anda semakin bingung dengan memperlihatkan sikap dan kata-kata yang rumit. Mereka mungkin akan bisa salah mengartikan perkataan dan gerak tubuh Anda apabila terlihat rumit.
  6. Menghargai prestasi apa pun yang anak dapatkan
    Hiburlah anak anda ketika ia mengalami kegagalan.
  7. Jadikan komunikasi sebagai cara memotivasi anak
    Buatlah anak merasa aman dan berikan anak kebebasan penuh supaya berkarya sesuai dengan keinginan mereka.
  8. Mengatakan sesuatu dengan cara yang positif
    Anda mungkin sangat sering menggunakan intonasi tinggi ketika mengajarkan sesuatu kepada anak. Kebiasaan ini sebaiknya mulai anda tinggalkan sebab membuat anak akan merasa takut dan pada akhirnya tidak percaya diri.
    Anda dapat mengganti kata-kata tersebut dengan sesuatu yang lebih positif misalnya "Kan jika tasnya ditaruh di sini lebih rapi lagi, sayang."
  9. Menanggapi sesuatu dengan sabar
    Luangkanlah sedikit waktu untuk berpikir tentang apa yang diinginkan anak Anda sampaikan dan juga respon dengan menggunakan cara yang lembut dan penuh perhatian. Tanggapilah mereka dengan sabar merupakan cara terbaik untuk berkomunikasi.
  10. Ajaklah anak berdiskusi
    Jangan membahas permasalahan keluarga di depan anak, apabila mereka tidak cukup baik dalam memahami itu dengan positif. Tetapi, berikan mereka porsi untuk memberi masukan tentang masalah keluarga. Itu akan membuat anak merasa lebih dihargai.

Komunikasi merupakan cara terbaik untuk mengekspresikan perasaan cinta Anda untuk anak. Biarkan ia mengetahui bahwa Anda mencintainya dan menginginkan yang terbaik untuknya.
 
Demikianlah informasi tentang Cara Komunikasi Yang Baik Dengan Anak yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

0 Response to " Cara Komunikasi Yang Baik Dengan Anak "

Post a Comment

Yang Ngasih Komen Semoga Tambah Cakep !!