Agar Anak Tidak Suka Menuntut Keinginannya

Blogeimie.com - Agar Anak Tidak Suka Menuntut Keinginannya - Kadang memang sangat memusingkan untuk menghadapi sifat anak yang suka menuntut. Bila anak yang suka menuntut tidak dipenuhi keinginanya, mereka  biasanya melampiaskanya dengan amarah seperti membanting mainan, pintu, mengacaukan segala hal, berteriak-teriak penuh kemarahan, menangis keras atau melempar segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Terkadang karena anak yang marah orangtua menjadi ikut kesal dan merasa direpotkan.
Google Image: Agar Anak Tidak Suka Menuntut Keinginannya
Kemauan dan juga keinginannya yang kuat tersebut membuat mereka melakukan hal-hal yang sangat bisa membuat orang tua kesal. Biasanya anak-anak akan melakukan hal-hal tersebut bila orangtua tidak memenui keinginanya dan melarang mereka dengan kata “tidak atau jangan”. Pada dasarnya, anak belum bisa menguasai emosi mereka secara logis, maka ia lebih memilih mengekspresikan hal tersebut melalui kemarahan atau tindakan-tindakan yang merepotkan. Namun jika orang terus menuruti segala hal yang diinginkan anaknya, hal itu akan membuat anda menjadi manja, dan tidak bisa berubah.  Lalu apakah yang harus dilakukan orang tua Agar Anak Tidak Suka Menuntut Keinginannya?

Agar Anak Tidak Suka Menuntut Keinginannya


Supaya anak tidak melulu menutut keinginannya, orang tua perlu menerapakan kedisiplinan terhadap anaknya. Disiplin itu berbeda dengan hukuman. Jenis disiplin yang terbaik adalah pengajaran. Tunjukkan kepada anak akan harapan kita mengenai tingkah laku mereka. Supaya merasa aman, anak memerlukan peraturan yang jelas dan orangtua harus menerapakan peraturan tersebut dengan tegas. Inilah waktu ketika si kecil sebetulnya meminta Anda untuk ‘meluruskannya’

Mengapa anak membutuhkan disiplin? Mungkin kelihatannya dia hanya sedang nakal saja, namun ada hal lain di balik itu semua. Anak kecil tak bisa mengontrol dorongan keinginannya. Bila ia ingin kita membelikannya sesuatu waktu kita  sedang berbelanja lalu kita menolakya, ia benar-benar tak tahu bagaimana cara  untuk mematikan hasrat yang kuat tersebut. Menurut beberapa peneliti, jeritan atau amarahnya tersebut sebenarnya jeritan meminta tolong kepada kita untuk mengajarinya dua hal yakni cara menghadapi kekecewaan yang bisa diterima oleh lingkungan, dan cara untuk menekan hasrat kuatnya untuk membeli barang tersebut. Lalu apa yang harus kita lakukan sebagai orang tua Agar Anak Tidak Suka Menuntut Keinginannya.
Google Image: Agar Anak Tidak Suka Menuntut Keinginannya
Jika situasinya anak anda meminta sesuatu ketika anda sedang berbelanja, dan dia terus saja meminta sambil menangis, yang harus kita lakukan adalah meninggalkan toko setenang yang kita bisa. Mintalah pemilik toko tersebut untuk mengawasi belanjaan, sementara kamu membawa si kecil keluar. Lalu duduklah bersamanya di dan katakan, “Mama akan mendengarkan jika kamu berhenti menangis.” (Tunggu anak anda berhenti menangis sambil membaca majalah atau buku, mungkin hal ini akan memakan waktu beberapa menit).

Saat anak sudah mulai merasa tenang, bantulah dia utnuk memikirkan apa yang salah, dan tidak menguliahinya “Mengapa kita harus keluar dari toko? Bagaimana cara kita melihat barang-barang yang ada di toko, dengan tangan atau dengan menggunakan mata?” Inilah yang akan membangun kedisiplinan pada anak kita. Sebagai orang tua kita tidak menyerah, namun kita memberikan pelajaran padanya, bukan hukuman. Setelah kamu kembali ke dalam, bantulah anak menghadapi benda-benda yang seolah  menggodanya di dalam toko. Katakan padanya jika hari ini belanja untuk keluarga dan dia boleh meminta apa saja yang ia inginkan jika ada acara belanja yang khusus untuknya.
Google Image: Agar Anak Tidak Suka Menuntut Keinginannya
Bersama-sama, kamu  bisa mendaftar apa acara khusus untuknya seperti hari ulang tahunya, hari terakhir berada  sekolah untuk bisa mengalihkan perhatiannya. Terakhir berikan pelajaran kepada anak mengeani batasan, katakan “Orangtua akan memberikan apa  'maumu' di saat yang tepat dan kamu tidak bisa meminta apa saja dengan cara menangis atau mengamuk” Itulah cara Agar Anak Tidak Suka Menuntut Keinginannya, semoga bermanfaat.

0 Response to " Agar Anak Tidak Suka Menuntut Keinginannya "

Post a Comment

Yang Ngasih Komen Semoga Tambah Cakep !!