Cara Tepat Membersihkan dan Merawat Velg Mobil

Blogeimie.com - Cara Tepat Membersihkan dan Merawat Velg Mobil - Punya mobil bagus dan trendi? Semua desain sudah oke kah, mulai dari eksterior dan interiornya? Kalau sudah bagaimana dengan perawatannya? Nah, velg mobil merupakan salah satu penunjang penampilan mobil kita. Ia adalah bagian paling bawah yang sering terkena debu, akhirnya menjadi kotor. Apabila kotor maka penampilan mobil kita juga akan terlihat keren. Meskipun bagian bawah, namun velg perlu adanya perawatan yang bagus. Ada trik-trik khusus yang harus kalian lakukan. Jangan hanya sekedar membersihkannya saja. Saya punya triknya terkait itu. Pengen tau caranya? Mari simak ulasan saya dibawah ini!!

Apabila kita sering mengabaikan perawatan velg mobil, maka akan mengurangi usia velg. Bisa saja usia velg kamu tidak akan bisa bertahan lama, karena kamu yang tidak selalu mengkroscek keadaan velg. Terkadang kita tidak tau, velg kita lecet terkena benda-benda keras ketika dijalanan. Atau terkadang terjadi ketidaknormalan pada velg. Contohnya saja apabila velg mobil kita adalah velg chrome. Jenis velg ini termasuk velg yang sensitif, jika jarang sekali kita bersihkan akan terjadi pengelupasan dan juga bisa saja berkarat. Kemudian, velg jenis polished yang sebagian besar memilki daerah mengkilap. Dengan adanya pengaruh oksidasi yang besar membuat tampilannya berubah menjadi kusam. Bisa saja warnanya berubah menjadi silver.

Google Image: Cara Tepat Membersihkan dan Merawat Velg Mobil

Ada banyak faktor yang menyebabkan semua hal tersebut. Seperti mobil yang sering kehujanan, kepanasan yang akhirnya bisa meninggalkan jejak-jejak kotoran yang nantinya sulit untuk dihilangkan. Kemudian juga, ketika mobil habis kita cucikan dengan pengelapan yang tidak merata akan menimbulkan jamur dan kerak yang susah dihilangkan. Sangat perlu adanya Cara Tepat Membersihkan dan Merawat Velg Mobil
Apabila mobil kamu habis dibuat perjalanan, jangan sampai velg langsung disiram dengan tujuan debunya biar hilang. Karena hal inilah nanti yang kan menimbulkan tumbuhnya jamur, perpaduan antara dingin dan panas. Tunggulah sampai suhu velg kamu normal. Pastikan dahulu bagian dalam sepatbornya sudah bersih. Apabila belum, maka kotoran terciprat pada bagian ari malah akan semakin menempel. Kamu bisa mencucinya dengan sampho atau dengan cairan khusus velg. Khusus untuk velg yang memiliki lapisan chrome, pakailah cairan khusus untuk velg chrome. Apabila tidak menggunakan cairan khusus, maka akan mudah mengelupas.

Google Image: Cara Tepat Membersihkan dan Merawat Velg Mobil

Gunakanlah kuas atau sikat gigi, agar pembersihan yang kamu lakukan bisa maksimal hasilnya. Apabila sudah selesai, gunakan spons untuk menyerap campuran sabun yang ada di dalam ember lalu gosokan kembali pada velg, lakukanlah langkah ini secara teliti pada bagian-bagian yang tak terjangkau sekalipun. Jika sudah benar-benar bersih, keringkan dengan lap yang berbahan shammy atau chaomis. Apabila kotoran yang menempel masih ada, seperti aspal, kamu dapat menghilangkannya dengan bensin atau minyak tanah. Setelah kotorannya menghilang semua, poles dengan white compund yang halus. Polesan yang paling terakhir, gunakanlah wax. Sesuaikan pemakaian wax dengan jenis bahan velg mu. Lakukanlah kegiatan ini minimal tiga bulan sekali, supaya bisa terjaga velg mu.
Ketika kamu mencuci mobil, saya rekomendasikan untuk menggunakan cairan khusus velg. Ini bisa dilakukan untuk velg yang memiliki nuansa bling atau chrome. Apabila yang kamu gunakan mencuci velg adalah sabun detergen, akan menimbulkan warna kusam dan meninggalkan bekas sabun pada velg mu.

Pastikan velg mobil kamu, benar-benar dalam keadaan bersih tanpa bercak sedikit pun setelah selesai kamu cuci. Kamu dapat memakai kain yang halus, untuk menyerap air dan menghilangkan sisa air. Jangan gunakan untuk mengelap kaca, jika kamu gunakan untuk mengelap velg dan bodi. Karena kotoran yang tersisa akan tersebar merata dalam beberapa bagian. Kotoran pada masing-masing bagian berbeda.

Google Image: Cara Tepat Membersihkan dan Merawat Velg Mobil

Gunakanlah sikat yang memiliki tekstur lembut untuk beberapa bagian yang susah dibersihkan. Seperti contohnya velg mobil dengan motif jari yang juga memiliki banyak palang. Apabila perlu menggunakan kuas, maka gunakanlah. Hal ini akan sangat membantu dalam proses pembersihan.

Apabila kamu menemukan noda-noda kotoran yang susah dihilangkan, seperti oli atau lumpur yang sudah lama, noda aspal, teruskan pembersihan dengan menggunakan cairan velg. Jangan memakai bensin atau minyak tanah, yang nanti akan mengakibatkan warna menjadi kusam dan luntur. Atau kamu bisa melakukan pembersihan dari dalam dan luar agar hasilnya maksimal. Minimal kamu melakukannya setiap 6 bulan sekali. Tidak harus sering melakukannya sebenarnya, yang terpenting adalah tlaten dan rutin.
 
Google Image: Cara Tepat Membersihkan dan Merawat Velg Mobil
Apabila velg kamu sudah mengalami karatan yang mungkin cukup parah, ternyata juga masih bisa untuk dihilangkan. Untuk menghilangkan karatan tersebut adalah dengan cara memberikan cairan alumunium foil plus cola dan juga cairan cuka pada bagian yang berkarat. Kemudian, apabila menginginkan velg terlihat kinclong, oleskan perasan buah lemon pada velg dan kemudian diamkanlah selama kurang lebih sepuluh menit. Nah, setelah itu kamu dapat membilas velg dengan air. Hasilnya nanti pasti sangat menawan.

Itulah tadi sedikit ulasan yang dapat saya bagikan kepada kalian semuanya pecinta otomotif. Apabila sekiranya kamu telah menemukan inspirasi untuk merawat velg mobilmu dengan tutorial di atas, silahkan di praktikan di rumah. Hanya sedikit yang bisa saya infokan terkait Cara Tepat Membersihkan dan Merawat Velg Mobil. Ada kurang dan lebihnya kamu bisa juga menemukan tips dan trik yang lain pada kesempatan yang lain. Sampai jumpa lagi dan terimakasih banyak.

0 Response to " Cara Tepat Membersihkan dan Merawat Velg Mobil "

Post a Comment

Yang Ngasih Komen Semoga Tambah Cakep !!