Tips Cara Melamar Pekerjaan yang Efektif dan Efisien

Selamat dating kembali, kali ini saya akan sedikit membahas tentang tips dan cara supaya cepat diterima ketika melamar pekerjaan.  Melamar pekerjaan ibarat memperebutkan satu kursi dan bersaing dengan puluhan dan bahkan ratusan pesaing. Oleh karena itu, kita harus memiliki cara yang sistematis dan teratur agar dapat mengefisienkan waktu dan biaya dalam mendapatkan posisi tertentu. Berikut beberapa tips cara melamar pekerjaan yang efektif dan efisien.

Manfaatkan Situs Penyedia Lowongan Pekerjaan
Tips cara melamar pekerjaan yang efektif dan efisien yang pertama ialah seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, telah banyak tersedia jasa penyedia lowongan pekerjaan. Beberapa diantaranya adalah jobstreet, jobsdb, jobdesk dan lain sebagainya.
Kelebihan situs web penyedia lowongan pekerjaan ini adalah calon pelamar diwajibkan mengisi informasi pribadi dan informasi pendukung secara lengkap, tidak lupa lengkap dengan foto sang calon pelamar. Usahan untuk memilih foto yang formal dengan pose terbaik. Kesan pertama yang baik akan menghasilkan reaksiyang baik pula.
Setelah itu, kita juga disarankan untuk mengisi kolom resume.Pada kolom ini,kita sebaiknya mengisi latar belakang pendidikan, kelebihan, serta softskill yang kita miliki. Selain itu, kita juga dapat memilih bidang pekerjaan yang kita inginkan. Apabila kita berlangganan updatedari situs web tersebut, kita akan mendapatkan email notifikasi lowongan pekerjaan yang tersedia, yang sesuai dengan bidang yang kita pilih sebelumnya. Dan untuk melamar pekerjaan tersebut, kita hanya perlu melamar melalui akun yang kita buat demikianlah tips cara melamar pekerjaan yang efektif dan efisien dengan jalur media online.

Memanfaatkan Job Fair Sebagai Tempat Mencari Pekerjaan
Tips cara melamar pekerjaan yang efektif dan efisien yang kedua, hampir setiap minggu di setiap kota di Indonesia diadakan jobfair atau carier expo, tempat beberapa perusahaan turut serta mencari calon pelamar terbaik. Beberapa jobfair ada yang diselenggarakan secara gratis, namun juga ada yang dipungut biaya. Biaya untuk sekali masuk ke dalam areal jobfair biasanya dipatok antara Rp25.000 sampai dengan Rp50.000. Dengan biaya sekian kita memiliki kesempatan untuk memasukkan berkas lamaran pekerjaan kita ke beberapa instansi atau perusahaan yang ikut serta dalam jobfair tersebut.
Hal yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti jobfair adalah berpakaian sopan dan rapi layaknya pencari kerja, serta mempersiapkan berkas lamaran kerja sebanyak-banyaknya itulah tips cara melamar pekerjaan yang efektif dan efisien. Karena kita belum tahu, lowongan pekerjaan apa saja yang akan tersedia di stan-stan perusahaan yang mengikuti jobfair. Dengan mendatangi jobfair, kita memiliki kesempatan untuk melamar berbagai posisi yang ditawarkan di beberapa perusahaan, pada satu tempat dan satu waktu, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Oleh karena itu, persiapkan diri dan berkas-berkas lamaran pekerjaan sebelum mengikuti jobfair.

Demikianlah tips cara melamar pekerjaan yang efektif dan efisien untuk mencari pekerjaan, semoga anda yang sedang beruasah mencari pekerjaan dimudahkan, terus berusaha dalam berjuang, semangat dan focus adalah kunci kesuksesan, jika ada saran atau tips yang lain boleh disampaikan dengan cara koment di bawah ini.


Sumber: anakui.com 

0 Response to " Tips Cara Melamar Pekerjaan yang Efektif dan Efisien "

Post a Comment

Yang Ngasih Komen Semoga Tambah Cakep !!