Jenis Buah Segar Pendamping ASI untuk Bayi 6 Bulan

Merawat bayi supaya tumbuh dengan sehat merupakan kebahagiaan bagi setiap ibu, oleh karenanya segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan bayi akan menjadi prioritas setiap ibu, tidak terkecuali pemberian makanan pendamping ASI untuk bayi 6 bulan dari jenis buah-buahan, tidak semua jenis buah-buahan bisa menjadi makanan pendamping ASI untuk bayi 6 bulan, hanya beberapa buah-buahan yang bisa dijadikan makanan pendamping ASI supaya menjadikan asupan yang pas untuk bayi berusia 6 bulan, berikut ini jenis buah-buahan yang baik untuk makanan pendamping ASI bagi bayi yang masih berumur 6 bulan.

Buah Jeruk
Bagi orang dewasa jeruk memang memiliki banyak sekali manfaat dan rasanya pun manis, akan tetapi jeruk juga bisa menjadi makanan pendamping ASI untuk bayi berumur 6 bulan. Ada banyak kandungan gizi utama yang ada di dalam buah jeruk. Kandungan utama dalam buah jeruk adalah vitamin C, namun selain ituada juga kalium, kalsium, vitamin A, serat dan juga asam folat. Nah, untuk diberikan kepada bayi Anda tidak bisa memberikannya secara langsung seperti pisang. Buah jeruk harus dicuci bersih dulu, diperas dan diambil airnya. Lalu berikan airnya kepada bayi.

Buah Apel
Selanjutnya ada juga buah apel, buah yang rasanya lezat dan juga memiliki tekstur yang halus. Buah apel ini diperuntukan bagi makanan pendamping ASI untuk bayi berumur 6 bulan atau di atasnya. Ada banyak kandungan gizi pada buah apel, diantaranya adalah vitamin C dan A, magnesium, kalsium, fosfor, kalium dan juga magnesium. Nah, Anda disarankan untuk membuat pure apel supaya bayi lebih mudah mengonsumsinya. Kupas kulit apelnya, potong kecil-kecil, rendam hingga lunak, dan terakhir blender apel sampai lembut.

Makanan pendamping ASI untuk bayi 6 bulan

Buah Pisang
Buah yang satu ini ternyata memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk bayi eperti fosfor, vitamin A, kalium, dan juga asam folat. Sebenarnya Anda juga tidak perlu menjadikan pisang sebagai bubur karena teksturnya yang sudah halus. Maka setelah buahnya dikeruk Anda bisa langsung memberikannya kepada buah hati Anda sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi berumur 6 bulan.

Buah Pir
Makanan pendamping ASI untuk bayi 6 bulan selanjutnya adalah buah pir, di mana buah pir ini mirip dengan buah apel. Namun saat dimakan tekstur buah pir ini lebih berair ketimbang buah apel. Kandungan vitamin C, kalsium, fosfor, dan juga kaliumnya memiliki banyak khasiat atau manfaat untuk bayi. Namun untuk memberikannya kepada buah hati Anda, sebaiknya Anda buat pure pir terlebih dahulu. Caranya sama dengan membuat pure apel. Kupas kulitnya, potong kecil-kecil, kukus, lalu blender sampai benar-benar halus. Baru setelah itu Anda berikan kepada anak Anda.

Demikianlah beberapa jenis buah yang bisa dijadikan asupan makanan pendamping bayi usia 6 bulan atau lebih, semoga bisa bermanfaat infonya, jaga terus bayi anda supaya tumbuh dengan sempurna dan jangan lupa untuk mendidiknya menjadi anak yang berbakti pada orang tua dan agama.

10 Responses to " Jenis Buah Segar Pendamping ASI untuk Bayi 6 Bulan "

  1. Sangat bermanfaat bagi Ibu Menyusui Bayi...lebih baik memanfaatkan secara alami dgn buah-buahan daripada menggunakan obat-obatan buat menaikkan produksi ASI.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obat kimia kurang baik dikonsumsi pada saat ibu sedang mengandung dan sedang menyusui karena akan berpengaruh pada pertumbuhan bayi itu sendiri.
      Terima kasih

      Delete
  2. wih artikelnya sangat bermanfaat sekali izin bookmark ya gan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mas semoga bisa bermanfaat informasinya..

      Delete
  3. artikel bagus gan buat anakku besok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga anaknya bisa tumbuh sehat dan berkembang dengan baik..

      Delete
  4. ternyata buah jeruk juga bagus buat si bayi , baru tau saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal diberikan dengan sewajarnya aja mas, karena asupan gizi juga harus seimbang biar bayi semakin sehat..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. mantap bang nih artikel sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Yang Ngasih Komen Semoga Tambah Cakep !!