Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesuburan Rambut

Mengobati rambut rontok dengan lidah buaya
Tanaman lidah buaya atau yang sering disebut aloe vera telah dikenal sejak dahulu sebagai salah satu bahan untuk merawat rambut. Seiring berkembangnya teknologi di bidang pembuatan kosmetika, bahan alami ini kemudian diolah secara modern menjadi kondisioner atau shampoo, tonik rambut, atau krim perawatan kulit lainnya. Tetapi jika Anda lebih menyukai menggunakan bahan yang alami untuk mengatasi permasalahan pada rambut rontok, Anda dapat menggunakan cara tradisional berikut ini, Ambillah satu batang lidah buaya kemudian cuci sampai bersih lalu potong menjadi dua bagian untuk mendapatkan lendirnya, untuk cara mengobati rambut rontoknya sendiri dengan lidah buaya cukuplah mudah: oleskan pada rambut mulai dari akar hingga ujung rambut hingga merata sambil dipijit lembut agar kandungan gizi pada lendir lidah buaya bisa terserap. Setelah itu bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama 15 menit atau setengah jam sebelum dibilas hingga bersih. (Juga: Cara merawatrambut kering)
 

Mengobati rambut rontok akibat ketombe dari akar
Ketombe dapat menjadi penyebab kerontokan pada rambut karena akar rambut menjadi tidak kuat sehingga rambut mudah terlepas, untuk cara mengobati rambut rontok dari akar dengan lidah buaya membutuhkan metode yang agak berbeda dengan resep pada mengobati rambut rontok biasa. Setelah rambut dan kulit kepala diolesi dengan lendir lidah buaya hingga merata bungkus dengan handuk semalaman dan bilas keesokan harinya.
Cara ini akan lebih efektif untuk menghilangkan ketombe sekaligus mengatasi kerontokan rambut. Sebagai hasilnya rambut Anda akan terlihat berkilau, lembut, dan mudah diatur karena lidah buaya juga bisa berfungsi sebagai kondisioner. Tetapi Anda harus ingat bahwa hasil yang Anda dapatkan tidak bisa instan karena menggunakan bahan-bahan alami membutuhkan proses yang cukup lama, namun cara ini lebih aman dan murah daripada menggunakan obat-obatan kimia yang mahal dan mungkin menimbulkan efek samping.

Kandungan yang terdapat pada lidah buaya untuk menutrisi rambut
Lidah buaya mengandung banyak bahan yang bermanfaat untuk kesehatan kita seperti zat anti bakteri yang disebut antrakuinon, mannans asetat, lektin, polymannans, dan zat saponin. Selain itu lidah buaya juga mengandung beberapa jenis vitamin, serat, asam amino, mineral dan 200 macam kandungan lain yang berkhasiat bagi tubuh.
Salah satu senyawa dalam aloe vera ini berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut dengan cara melancarkan peredaran darah dan nutrisi pada akar rambut. Oleh karena itu tanaman lidah buaya layak dianggap sebagai salah satu cara mengobati rambut rontok dari akar.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara mengobati rambut rontok denganlidah buaya (Aloe Vera) dan beberapa kandungan manfaat yang terdapat dalam tumbuhan lidah buaya, semoga bermanfaat bagi para pembaca.