Cara Gokil Merawat Rambut Kering Dan Mengembang

Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengembang - Rambut adalah organ yang berbentuk seperti benang yang tumbuh pada kulit kepala manusia. Rambut biasanya muncul dari epidermis atau kulit luar, walaupun rambut berasal dari folikel yang berada jauh di bawah dermis, struktur tumbuhnya rambut yang mirip pada tumbuhan sering disebut dengan nama trikoma. Rambut yang sehat dan juga indah menjadi dambaan bagi setiap wanita. Akan tetapi terkadang banyak hal yang membuat rambut menjadi rusak salah satunya adalah rambut rontok, rambut kering dan rambut bercabang.
Rambut rusak bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah terlalu lama berada di bawah sinar matahari, terkena berbagai zat kimia dari produk perawatan rambut termasuk kondisionir dan shampoo yang tidak aman, atau mungkin karena kesalahan diri kamu sendiri dalam memperlakukan rambutnya. Berikut ada beberapa tips atau cara merawat rambut kamu supaya terlihat sehat dan berkilau:

1. Rutin Untuk Membersihkan Rambut
Bersihkan rambut Kamu setiap hari atau setiap dua hari sekali dengan menggunakan shampo yang mengandung vitamin E. Vitamin E ini sangat baik untuk memperbaiki rambut yang rusak. Pastikan Kamu juga membersihkan sisa-sisa shampoo dengan membilaskan air pada rambut.

2. Sesekali Gunakan Kondisioner Rambut
Seskali dalam seminggu, gunakan kondisioner yang baik setelah keramas dengan shampo lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum membilasnya. Pastikan tidak ada kondisioner yang tersisa saat membilas rambut tersebut, pada saat menggunakan kondisioner, pastikan kondisioner tersebut tidak mengenai kulit kepala Kamu karena akan membuat rambut menjadi lepek dan berminyak.

3. Gunakan Minyak Alami
Gunakan minyak alami pada rambut seperti minyak kelapa, minyak bunga matahari, minyak zaitun atau minyak almond untuk meningkatkan kelembutan dan kehalusan pada rambut dengan cara mengaplikasikan minyak alami pada rambut setelah keramas, bungkus rambut dengan handuk hangat, diamkan 15 - 20 menit kemudian bilas rambut hingga bersih.

4. Jangan Menggosok Rambut Berlebihan
Saat Kamu mengeringkan rambut, alangkah baiknya meremas rambut dengan handuk daripada menggosoknya karena menggosok rambut akan menyebabkan gesekan yang dapat membuat kerusakan lebih lanjut pada lapisan terluar rambut.

5. Gunakan Gel Lidah Buaya (Aloevera)
Jika Kamu ingin membuat rambut menjadi terlihat basah (wet look), pakailah gel Aloevera daripada gel rambut. Aloevera murni yang tidak mengandung alkohol dapat membantu memperbaiki rambut.

6. Hindari Pengering Rambut
Sebisa mungkin hindari pengeringan rambut dengan cara dipanaskan. Cara ini dapat membuat rambut menjadi stres dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Sebaiknya keringkan rambut dengan cara dikipas atau diangini.

7. Konsumsi Vitamin B
Mengkonsumsi vitamin B kompleks setiap hari akan lebih baik karena kandungan biotin pada vitamin B kompleks akan menguatkan rambut. Anda bisa mendapatkan vitamin B kompleks dalam telur, kacang-kacangan dan pisang.

8. Memotong Rambut Sesuai Model
Potonglah rambut secara reguler sesuai dengan model rambut terbaik karena satu-satunya cara untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan memotongnya.
Baca juga: Cara menghilangkan ketombe anti mainstream