Tempat Wisata Ini Rekomendasi Untuk Liburan Di Cianjur

Cianjur merupakan Kabupaten yang terletak diantara Sukabumi, Bogor, Purwakarta, Garut dan Bandung, sebagian besar wilayah Cianjur merupakan daerah pegunungan terutama kawasan puncak dan sebagian pantai selatan berupa daerah dataran rendah yang sempit. Cianjur mempunyai sungai terpanjang yang bermuara di Samudra Hindia sungai tersebut sering disebut dengan sungai Cibuni. Cianjur merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Barat. Kabupaten Cianjur ini berbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Purwakarta di utara, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Kabupaten Sukabumi di barat. Untuk perjalanan ke Cianjur sendiri bisa ditempuh untuk yang dari Jakarta bisa  melewati jalur Puncak, jalur Sukabumi, atau jalan alternatif melalui Jonggol, sedangkan dari Bandung bias mengambil jalur Padalarang, berikut dibawah ini adalah beberapa Tempat Wisata Di Cianjur yang mungkin bisa anda kunjungi ketika waktu berlibur tiba bersama keluarga kamu.

1. Kebun Raya Cibodas Bukan Sekedar Kebun Biasa
Wisata Cianjur yang terletak di Jln. Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur ini memiliki luas lahan 125 Ha. Kebun Raya Cibodas adalah tempat yang direkomendasikan bagi pengunjung yang benar-benar ingin menikmati dan menyatu dengan alam, karena disini, pengunjung dapat melihat 10.792 koleksi tanaman, 700 jenis koleksi biji, dan 4.852 koleksi herbarium. Koleksi tanaman di sini terbagi dalam dua koleksi, yakni koleksi di kebun dan koleksi di rumah kaca. Koleksi tanaman di rumah kaca terdiri atas anggrek (320 jenis), kaktus (289 jenis), dan sukulen (169 jenis).
Selain itu Anda juga dapat menemukan jenis tumbuhan liar di dalam kebun. Sedangkan koleksi tanaman di kebun berjumlah 1.014 jenis di antaranya terdapat tanaman khas dan menarik seperti Kina (Cinchona pubescens) yang merupakan tanaman obat, pohon Bunya-bunya (Araucaria bidwill) yang merupakan tanaman tua dan mempunyai pokok batang besar, Bunga Bangkai (Amorphophallus titanium) yang mempunyai bunga berukuran raksasa dan menarik serangga.



2. Gunung Padang Sang Situs Megalitikum Dari Tatar Sunda
Gunung Padang merupakan situs megalitikum terbesar se-Asia Tenggara yang diakui oleh dunia, situs ini terletak di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti Kecamatan Campaka. Tidak seperti banyak situs megalitikum lainnya (seperti Piramida, Stonehenge, Machu Picchu) yang dibangun untuk menyembah atau mengindahkan (dewa) Matahari, situs Gunung Padang dibangun untuk diorientasikan seluruhnya kepada Gunung Gede. Ini nampak dari pola bangunan punden berundaknya yang asimetris, tidak dibangun simetris ke semua sisi seperti Candi Borrobudur, tetapi hanya ke satu sisi, yaitu Gunung Gede. Dengan demikian, Gunung Gede menempati posisi geomantik yang sangat kuat bagi situs Gunung Padang.
Yang unik dari situs megalitik Gunung Padang adalah ditemukannya bilah-bilah batuan yang diperuntukkan sebagai alat musik. Ini adalah penemuan pertama di Indonesia. Dahlan dan Situngkir (2008) dari Bandung Fe Institute berbekal alat perekam dan analisis Fourier transform pernah meneliti musikologi situs ini dan menyimpulkan bahwa terdapat tiga bilah batu yang bisa mengeluarjan nada musik dengan dentingan (pitch) berfrekuensi dari 2600-5200 kHz selaras dengan nada-nada f”’, g”’, d”’, a”’.
Bagi anda yang percaya, di sekitar situs purbakala terbesar di tatar sunda ini terdapat sumur yang menurut kepercayaan bisa membuat kisah asmara anda dengan pasangan menjadi romatis penuh cinta dan langgeng, tapi ini hanya mitos.



3. Pantai Jayanti pantai yang masih suci dari tangan-tangan kotor
Salah satu pantai yang terkenal di Cianjur adalah Pantai Jayanti pantai yang berdampingan dengan cagar alam dan daerah pelabuhan ikan. Sebuah pantai dengan ombak yang indah dan angin bertiup perlahan-lahan menambah kenyamanan Jayanti sebagai pantai rekreasi. Pantai ini terletak di desa Cidamar, Cidaun, Cianjur kabupaten desa provinsi Jawa Barat. berjarak 139 km dari kota Cianjur.
Eksistensi pantai Jayanti mungkin tidak sepopuler Pantai Pangandaran, di Ciamis atau Panta Pelabuhanratu di Sukabumi, namun pemandangan alam yang sangat indah sebgai tempat-tempat pantai baru yang belum banyak dikenal sebagai objek wisata, tapi sepuluh tahun yang akan datang, pantai ini diyakini akan mampu menandingi popularitas Pelabuhanratu dan Pangandaran telah dikembangkan beberapa dekade lalu.
Pantai Jayanti terletak di selatan pantai Cidaun. tengah-tengah desa cidamar, Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 143 km sebelah selatan dari pusat Cianjur. Di Cianjur ke Kota ke pantai Jayanti dapat dicapai dalam waktu sekitar 4 jam.



Pantai ini bebas dari pencemaran air laut, dan terlihat sangat bersih. Situasi Penduduk perumahan masih jarang, membuat panati Jayanti terasa keasliannya. Pantai ini sangat alami belum terinfeksi oleh sentuhan kota "beracun".
Demikianlah beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Cianjur manakala waktu libur atau weekend kamu sudah di ujung mata, semoga bisa menjadi referensi dalam agenda travelmu, jangan lupa kunjungi juga Kampung Unik di Bandung.