Yang Masih Tertarik Jadi PNS Berikut Tipsnya

Pegawai Negeri Sipil atau yang sering disebut dengan PNS merupakan dambaan bagi banyak masyarakat Indonesia, kita tahu betapa menjanjikannya pekerjaan tersebut yang diperhatikan langsung oleh pemerintah. Tetapi, jalan untuk jadi seorang abdi Negara penuh dengan pengorbanan dan persaingan yang luar biasa, seleksi CPNS merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjaring pelamar PNS dengan efektif. Oleh sebab itu saya ingin berbagi tips ketika mengikuti seleksi CPNS. (Juga: Tips sukses ada di sini)


1.      Cari sebanyak mungkin informasi
Sebagai pelamar CPNS diwajibkan untuk mencari sebanyak mungkin informasi supaya tidak sedikitpun ketinggalan pengumuman dari instansi yang kita lamar, mencari informasi bisa menggunakan media mainstream seperti majalah cetak dan Koran cetak, atau juga dengan mencari info melalui media social seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

lolos seleksi cpns
2.     Pelajari pola dari soal terdahulu
Seleksi CPNS tidak akan terlepas dari soal-soal yang akan diujikan, soal-soal tersebut memiliki pola yang sama setiap tahunnya, seperti contoh setiap tahunnya pasti akan muncul soal-soal tentang empat pilar Negara yang isinya tentang UUD 1945, Pancasila, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika juga soal-soal tentang intelejensi.

3.     Teliti dalam mengisi
Teliti adalah salah satu kunci dalam menghadapi seleksi CPNS, baca dengan teliti setiap soal yang ditanyakan, teliti juga dalam hal pengisian data diri pada lembar pengerjaan tugas, minimalisir kesalahan yang mungkin terjadi ketika seleksi CPNS.
Cara membaca soal cpns

4.     Tenang akan membawa menang
Fokuskan pikiran anda dan bersikaplah dengan tenang ketika menghadapi soal-soal yang di hadapan anda, ketenangan akan mendatangkan kemenangan manakala didasari dengan disiplin yang tepat, tenang dalam mengerjakan tes disiplin dalam waktu yang telah ditentukan.

tips menjawab soal
5.     Nikmati setiap proses
Tidak mudah untuk menjadi salah seorang yang berpangkat PNS, butuh proses yang panjang juga melelahkan, kita akan dihadapkan pada keputus asaan dan kemalasan yang luar biasa, jadi nikmatilah setiap proses dalam seleksi tersebut supaya tidak beban berat yang ditanggung.


6.     Berdo’a dan Tawakal adalah kuncinya
Setiap usaha akan menuai hasil sesuai jerih payah yang kita usahakan untuk hal tersebut, berdo’a semoga setiap proses diberi kemudahan dan bertawakal setiap kali usaha kita telah dilalu, karena hasil yang akan ditentukan oleh sang Mahatahu, jangan berkecil hati jikalau kita gagal dalam satu proses dan jangan pula berbangga berlebihan manakala kita sukses dalam satu seleksi, karena itu semua sudah ada yang mengaturnya yaitu Tuhan Mahakuasa. Setiap ujian yang kita ikuti akan membuat diri kita menjadi sempurna, karena ujian adalah jalan untuk mendekatkan kita dengan sang Mahapencipta. (Baca juga: Inspirasi unik untuk sukses)