Tips dan Cara Mendidik Buah Hati Untuk Para Orang Tua

Buah hati atau yang sering disebut dengan anak adalah anugerah yang telah dititipkan Tuhan pada sebuah keluarga dan sepantasnya seperti itu walaupun ada sebagian keluarga yang belum diberi kesempatan untuk memiliki buah hati-anak, namun jangan berkecil hati tetaplah berusaha dengan diiringi do’a. Pada kesempatan ini saya akan membagikan tips untuk mendidik buah hati kita supaya menjadi anak yang berkarakter baik terhadap keluarga maupun terhadap lingkungan sekitarnya.

1.      Ajaklah buah hati berinteraksi
Setiap anak pada dasarnya ingin diperhatikan dan ingin agar orang tuanya selalu ada di sampingnya, oleh karenanya selalu ajak anak anda berinteraksi dengan baik dan tunjukan pada anak kita tentang contoh-contoh yang baik supaya buah hati kita menirukan apa yang kita interaksikan.

2.     Jadilah pendengar yang baik
Dunia anak adalah dunia yang dipenuhi dengan rasa keingin tahuan yang besar, tidak heran makanya kalau seorang anak akan menanyakan hal-hal dari yang biasa sampai pada hal-hal yang susah untuk dijawabnya, seperti menanyakan kenapa langit di siang warna biru sedangkan malam warnanya gelap, pada posisi inilah kita harus sabar dan menjadi pendengar yang baik dan mengarahkan pengetahuan anak kea rah yang mapu anak kita terima, karena anak adalah ilmuan luar biasa.

3.     Jadilah contoh yang baik
Setiap gerak gerik kita tanpa kita sadari akan berpengaruh pada keperibadian seorang anak dalam masa tumbuhnya, seorang anak musisi akan membentuk pada keperibadiannya menjadi apa yang dia lihat setiap hari pada kebiasaan orang tuanya, oleh karenanya jang pernah sekalipun menunjukan sikap yang tidak baik di hadapan buah hati kita, karena mungkin itu akan melekat pada ingatannya dan akan dilakukannya kelak suatu saat nanti.

4.     Ajaklah buah hati beribadah
Meskipun buah hati kita belum diwajibkan untuk melaksanakan ritual ibadah sebagai mana mestinya, namun tugas kita selaku orang tua memberikan bimbingan pada buah hati sejak dini untu terbiasa menjalankan peribadahan yang nantinya akan diwajibkan pada anak kita, ajaklah anak kita beribadah dengan perlahan anak kita akan terbiasa menjalankan ibadah sebagai mana mestinya.

5.     Berdoalah untuk anak
Do’a adalah bentuk rasa syukur kita pada sang Mahapencipta yang telah memberi kepercayaan kita untuk menjaga salah satu nikmat yang diberikannya. Biasakanlah mendoakan anak supaya menjadi anak yang baik berbakti pada orang tua dalam setiap waktu yang kita miliki, karena Tuhan Mahamengasihi dan mendengar apa yang kita pinta.
Demikianlah tips tentang bagaimana mendidik buah hati kita, anak adalah investasi yang nyata untuk orang tua baik di dunia maupun di alam abadi nanti, jadikanlah anak-anak kita menjadi anak-anak yang tangguh juga anak-anak yang taat pada sang pencipta. (Tips: Cara mudah menulis sekripsi)