Tiga Tips Membuat Puisi Yang Romantis

Salah satu kebiasaan para pujangga yaitu membuat puisi yang dapat membuat seseorang terkesima pada setiap goresan kata yang membangunkan sebuah keutuhan rumah dalam bentuk kalimat yang dipadu dengan indahnya perasaan manakala puisi tersebut dilantunkan dengan penuh penghayatan. Tentunya untuk semua itu butuh inspirasi yang sempurna untuk membuat sebuah puisi, oleh karenanya saya mempunyai tips untuk membuat puisi yang romantis.

1.      Berbaurlah dengan alam
Alam selalu menyediakan banyak inspirasi untuk disampaikan pada kita, oleh karenanya berbaur dan kenalilah alam sedekat mungkin disaat kita ingin membuat sebuah puisi, karena alam dengan sangat senang akan memberikanmu modal untuk memulai membuat sebuah karya.

2.     Tulislah sesegera mungkin
Setelah inspirasi terkumpul maka segeralah ambil pena dan mulai menggoreskan kata-kata indahmu untuk dijadikan sebuah sungai indah yang mengalir yang menyejukan setiap pasang mata yang melihat yaitu rangkaian bait puisi.

3.     Sampaikan dengan penuh penghayatan
Puisi yang mempunyai ruh adalah puisi yang disampaikan dengan penuh penghayatan disetiap bait yang tercipta, menyampaikan puisi adalah sebuah seni yang memerlukan ketepatan waktu, emosi, dan gerak tubuh yang berbicara, oleh karenanya puisi adalah kesatuan perasaan yang terpancar melalui kata-kata.

Demikian tips sederhana yang saya buat untuk para penyair dan para pujangga dimana pun kalian menapakkan kata-kata itu, karena langit tak pernah henti membiru menghampar menjadi lapangan bagi gugusan bintang, bumi pun sama tak pernah menjadikan kulitnya menghitam  menakuti kita, karena hitam adalah nafsu buruk kita yang segera kita lepas jauh di tengah semudera.