Kampung Unik Dari Bandung

Sekitar bulan Desember tahun 2009 ketika itu saya dapet tugas dari dosen Pendidikan Ilmu Sosial untuk meneliti sebuah budaya yang unik di daerah Mahmud tepatnya di daerah Cigondewah Bandung, jangan berharap bisa banyak melihat kaca jendela rumah-rumah di sana (kampung Mahmud) karena konon katanya ketika sebuah rumah mempunyai jendela dari kaca maka akan ada apa-apa, tapi itukan mitos, mau percaya silakan gak juga ga apa-apa.

Selanjutnya, ditengah kampung Mahmud ada makam (kuburan) yang cukup luas, cerita punya cerita ternyata makam tersebut ialah makam 
Raden Haji Abdul Manaf disebut juga Eyang Dalem Mahmud adalah seorang ulama Sunda yang hidup pada abad peralihan abad ke-17/18, hidup diperkirakan antara tahun 1650–1725.

Hingga saat ini, riwayat ulama ini belum banyak diketahui. Belum ada penelitian mendalam yang mengungkap peranannya di Kota Bandung pada abad tersebut. Tentang tempat asalnya, beredar dua versi: dari keturunan Cirebon dan dari keturunan Mataram. Mungkin, dari Mataram, ke Cirebon terus ke Bandung. Tapi melihat para leluhurnya, ia adalah seorang keturunan Sunda. Bukti pasti bahwa ia seorang ulama berpengaruh adalah makamnya yang dianggap keramat dan hingga kini banyak diziarahi banyak orang. (Unik: 6 Tips Ringan Sukses Jualan Online)


Dokumentasi :